1000 Orang Memerangi Sampah Plastik, Kolaborasi Dengan Komunitas Secret

Tahukah kamu? Indonesia menjadi negara dengan peringkat kedua di dunia sebagai penyumbang limbah plastik terbanyak. Yang lebih menyedihkan pula, dibutuhkan 80-200 tahun agar sampah plastik terurai secara alami.

Berangkat dari rasa kepedulian terhadap permasalahan lingkungan, pada tanggal 23 Februari 2019, Bali Edukasi turut serta berpartisipasi dalam acara 1000 orang memerangi sampah plastik. Lokasi pembersihan ini dilakukan di area Pantai Sulanyah, Seririt. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komunitas Secret Singaraja.

Ada banyak komunitas lain yang ikut tergabung di dalamnya. Sebelum bersih-bersih dimulai, bapak kepala desa memberikan sepatah dua patah kata terkait kegiatan peduli lingkungan ini. Kemudian kami bergerak membersihkan pantai. Ada yang bergerak ke arah timur dan ada yang bergerak ke arah barat, mengambil setiap sampah yang ada di pesisir pantai. Ada yang membawa karung goninya, sisanya mengumpulkan sampahnya di kantong goni tersebut. Darisana kita bisa melihat terdapat benih tolong-menolong, walaupun kita baru mengenal satu sama lain. Karena pada dasarnya tujuan kita sama yaitu bergerak secara nyata sebagai rasa peduli terhadap lingkungan.

Memerangi sampah plastik bukanlah suatu hal yang mudah, namun segala sesuatu yang dilakukan bersama niscaya akan tercapai tujuannya. Memang semuanya butuh proses, tak hanya melalui acara seperti ini, kita semua bisa memulainnya dari hal kecil. Hal kecil yang dimulai dari diri sendiri nantinya akan berdampak besar bagi bumi ini. So, let’s do small things to change the world!

Salam penyala peradaban!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *