Pendasbudi dari Bali Edukasi

Kali ini Bali Edukasi berkesempatan mengunjungi SDN 2 Bengkala. Sekolah ini merupakan sekolah binaan dari Bali Edukasi karena sudah beberapa kali dikunjungi. Setelah program Pelita Harapan Negeri (PELANGI) di tahun 2015, Gemar Membaca Sejak Dini (Gemaseni) di tahun 2016-2017, kami melanjutkan dengan program Pendidikan untuk Generasi Cerdas Berbudi (Pendasbudi).

Tujuan dari program ini adalah menyelaraskan dengan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) dari Kemendikbud, yaitu menumbuhkan dan membiasakan karakter-karakter Religius, Nasionalis, Gotong-royong, Mandiri, dan Integritas. Kelima nilai ini adalah penguatan dari 18 karakter yang sebelumnya dijalankan dalam pembelajaran di Indonesia. Kami berharap, tujuan program ini bisa tercapai dan bermanfaat bagi banyak orang. Agar lebih banyak lagi tangan-tangan penyala peradaban yang tidak hanya unggul tapi juga berkarakter. Yang cerdas dan berbudi.

Kita banyak melihat kasus, orang pintar namun bisa menjadi koruptor. Ini adalah contoh nyata bahwa karakter Integritas belum tumbuh dan terbiasa diamalkan dalam contoh yang diberikan. Demikian pula pada nilai-nilai karakter yang lain, yang harus terus dibiasakan, bahkan sejak dini.

Terima kasih atas semangatnya kakak-kakak penyala peradaban yang terlibat. Agar nilai-nilai ini juga bisa mengimbas pada kita semua. Pada adik-adik sejak dini, pada kakak-kakaknya, pada bapak/ibu guru, dan masyarakat lebih luas lagi.

Pendidikan untuk Generasi Cerdas Berbudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *