Tentang BE

Apa itu Bali Edukasi?

Bali Edukasi adalah organisasi beranggotakan anak-anak muda yang memiliki cita cita yg sama untuk menyalakan peradaban masyarakat Bali dan sekitarnya melalui bidang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan dengan kontribusi yang positif dan nyata. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan baik secara sosial maupun profesional. Dengan demikian, generasi muda diharapkan memahami perbedaan bekerja secara sosial dan/ atau profesional sesuai dengan jenis kegiatan dan tempat kegiatannya. Generasi muda juga diharapkan bisa berani bersaing di dunia global dengan fair sehingga tercipta pemimpin masa depan yang berkarakter baik, berintegritas dan tidak korup. Adapun kegiatan Bali Edukasi bisa dilihat di tautan ini.

Silakan tonton video pendek berikut ini.

Apa visi Bali Edukasi?
Visi Bali Edukasi adalah “Membangun generasi muda Bali yang unggul dan berkarakter melalui edukasi.”

Apa misi Bali Edukasi?
Adapun visi tersebut diwujudkan dalam beberapa misi, yaitu:

  1. Membantu meningkatkan kemampuan generasi muda dalam membaca, berhitung, dan berbahasa daerah serta asing,
  2. Meningkatkan minat baca generasi muda,
  3. Mengembangkan media edukasi,
  4. Mengaplikasikan e-learning sebagai media pembelajaran inovatif,
  5. Mensosialisasikan pentingnya kesehatan sejak dini,
  6. Melakukan aksi pelestarian lingkungan,
  7. Meningkatkan minat dan kesadaran generasi muda untuk melestarikan lingkungan,
  8. Meningkatkan kreativitas generasi muda dalam pemanfaatan barang bekas.

Bagaimana awal mula berdirinya Bali Edukasi?
Bali Edukasi didirikan tanggal 2 Mei 2015 oleh seorang generasi muda Bali yang bernama Made Hery Santosa, setelah kembali dari studi doktoralnya di Australia. Setelah sebelumnya mendirikan SmartGuru, berkiprah di Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA), Indonesia Belajar, kemudian mendirikan dan berkiprah di MenginspirasiID dan Komunitas Pejuang Beasiswa Bali, ia mendirikan Bali Edukasi sebagai wadah dan ruang yang menaungi anak-anak muda Bali untuk berkontribusi nyata dan positif bagi pendidikan di Bali.

Kegiatan awal dimulai dengan “Story Telling for Fun” di sekolah dasar di Selemadeg, Tabanan. Namun, seiring dengan perkembangan sekarang telah menjelma sebagai komunitas Bali Edukasi yg sangat dinamis, meliputi berbagai fokus bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, kerjasama, dan kewirausahaan. Sampai saat ini, Bali Edukasi sudah berbagi di hampir seluruh kabupaten di Bali. Salah satunya, berupa kegiatan reguler berbagi mengajarkan berbagai hal, meliputi bahasa asing (Inggris, Jepang, Perancis), kesehatan, perbaikan lingkungan (pembibitan, penanaman dan perawatan Mangrove), matematika, dan aspek pendidikan relevan lainnya, di sekolah inklusi (tulibisu dan normal) di Bengkala, di sekolah Bali Mandara, di Keramas, Gianyar, dan di Tuban, Denpasar.

Siapa saja yg bisa ikut Bali Edukasi?
Rumah Bali Edukasi terbuka untuk siapapun yg berkomitmen ingin berbagi dan berkontribusi untuk peradaban masyarakat Bali melalui kegiatan positif dan kontribusi yg nyata. Saat ini Bali Edukasi beranggotakan anak-anak muda Bali dengan berbagai latar belakang mulai dari siswa SMA, mahasiswa, PNS, dokter, bidan, perawat, guru, dosen, pengusaha, dan wiraswasta dengan latar belakang keahlian dan pengalaman yg sangat beragam. Untuk bergabung, silakan menuju tautan ini.

Apa saja kegiatan yg sudah dilakukan Bali Edukasi?

 

Di usianya yang masih baru ini, Bali Edukasi sudah mengunjungi seluruh kabupaten di Bali untuk berbagi dan melakukan edukasi pada bidang bahasa Inggris, Jepang dan Prancis serta edukasi kesehatan sejak dini melalui pengenalan jajanan sehat dan cuci tangan yg baik dan benar. Tambahan kegiatan berupa sosialisasi penanggulangan bencana sejak dini juga akan masuk dalam agenda Bali Edukasi.

sa

Dimana saja bisa mengetahui kegiatan Bali Edukasi?
Info kegiatan Bali Edukasi bisa dilihat di:
Website: baliedukasi.org
FB Fanpage: Bali Edukasi
IG: @baliedukasi
Youtube Channel: Bali Edukasi
E-mail: info@baliedukasi.org

“Bali Edukasi, Bersama Menyalakan Peradaban”