Throw Back, Pendasbudi Tahap 4 di SDN 2 Bengkala

Pendidikan merupakan perantara untuk menciptakan karakter yang kuat. Pendidikan karakter harus diberikan kepada siswa sejak dini sehingga karakter tersebut dapat mengakar dalam diri siswa. Terdapat 5 karakter utama yang harus dibentuk sesuai dengan program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), diantaranya; religius, integritas, mandiri, nasionalis, dan gotong royong. Bali Edukasi mengusung salah satu dari kelima karakter utama tersebut sebagai tema dalam kegiatan PENDASBUDI. Dalam kegiatan PENDASBUDI 4 yang dilaksanakan pada bulan September 2018, Bali Edukasi mengusung tema besar Tanggung Jawab dan Integritas. Kegiatan kali ini sangatlah menarik, mengingat terdapat dua mahasiswa dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang ikut berpartisipasi dalam menyalakan peradaban melalui kegiatan PENDASBUDI. Mereka adalah kak Yubena dan kak Fadel, mahasiswa semester 5 yang sangat ceria dan bersemangat mengajar adik-adik di SDN 2 Bengkala.

Seperti biasanya, sebelum memulai kegiatan, adik-adik berkumpul terlebih dahulu di lapangan untuk menerima pengarahan dan melakukan pre-activity berupa simulasi kebakaran dan simulasi gempa bumi. Simulasi dibagi menjadi tiga kelompok. Pembagian kelompok dipandu oleh MC yang saat itu adalah kak Wahyu Suganti. Adapun  instruktur simulasi kebakaran yaitu kak Alit dan instruktur simulasi gempa bumi pada saat itu adalah kak Mandala. Kegiatan simulasi bencana tersebut diikuti oleh para adik-adik SDN 2 Bengkala dengan sangat antusias, mereka mendengarkan penjelasan instruktur dengan seksama dan mengikuti arahan yang diberikan dengan sangat tertib.

Seusainya kegiatan simulasi bencana, kegiatan dilanjutkan dengan pembelajaran di dalam kelas. Adik-adik siswa SDN 2 Bengkala masuk ke kelasnya masing-masing. Kelas 1 dipandu oleh kak Mandala dan kak Ranny yang memberikan materi penggabungan warna (coloring). Di kelas 2, adik-adik diberikan materi menempel gambar sesuai dengan tulisan yang dipandu oleh kak Kris, kak Pirda, dan kak Yubena. Selanjutnya di kelas 3, materi yang diberikan adalah membuat prakarya dengan kertas bekas dan dipandu oleh kak Fortuna, kak Eka, dan kak Fadel. Lalu ada juga kak Ogik dan kak Gek An yang memandu kelas 4 dan memberikan materi membuat prakarya berupa buku yang bertemakan “kegemaranku” dan dilanjutkan dengan membuat slogan. Tidak kalah menarik, di kelas 5 ada kak Wahyu dan kak Yoga yang mengajak adik-adik untuk bermain peran (role play) suatu cerita rakyat berjudul Timun Mas. Terakhir, ada kak Alit dan kak Mang Sri yang mengajak adik-adik untuk bermain tebak gerakan tubuh dan menempel mozaik. Semua kegiatan yang diberikan kepada adik-adik SDN 2 Bengkala merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tentunya menumbuhkan nilai karakter tanggung jawab dan integritas. Produk yang dihasilkan dalam kegiatan tersebut seperti hasil prakarya, lukisan, dan juga seni bermain peran akan dipertunjukkan pada kegiatan PENDASBUDI selanjutnya.

Akhirnya, setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas, adik-adik kembali dikumpulkan di lapangan. Ini adalah saatnya mereka berbagi pengalaman mengenai apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Kegiatan review ini dipandu oleh MC yang mengundang perwakilan masing-masing kelas untuk menceritakan pengalaman mereka dalam belajar dan apa yang sudah mereka pelajari di dalam kelas. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan berfoto bersama dan saling berpamitan. PENDASBUDI 4 kali ini sangatlah berkesan karena banyaknya siswa yang berpartisipasi dengan antusias yang luar biasa, terlebih lagi ditemani oleh mahasiswa UPI yang dengan tulus berbagi ilmu kepada adik-adik SDN 2 Bengkala.

                                                                                                Komang Ayu Kris Utari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *