Throw Back, Pendasbudi Terakhir, Pendasbudi 6 di SDN 2 Bengkala

Tepat pada Sabtu, 17 November 2018, telah terlaksana Pendasbudi VI sebagai acara final Pendasbudi di SD N 2 Bengkala, Desa Bengkala.  Tim Bali Edukasi merancang enam bulan dan enam kali pertemuan untuk adik-adik SD N 2 Bengkala. Kegiatan dirancang sedemikian rupa berdasarkan tema pokok yang yang dibagi lagi menjadi tema-tema kecil sebagai landasan kegiatan di setiap pertemuan. Pada umumnya, tema pokok yang diusung dalam Pendasbudi 2019 ini adalah “Tanggung Jawab dan Integritas”. Tiba saatnya pada Pendasbudi VI ini, tim Bali Edukasi merancang acara terakhir di SD N 2 Bengkala dan juga bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menyukseskan acara Exhibition and Performance ini.

Pendasbudi VI berbeda dengan Pendasbudi I – V. Pendasbudi VI dirancang sedemikian rupa sebagai hari dimana adik-adik SD N 2 Bengkala mempresentasikan hasil pembelajaran mereka selama enam bulan enam kali pertemuan dengan Bali Edukasi. Sebelum memulai kegiatan Pendasbudi VI, tim Bali Edukasi melakukan mini dekorasi di halaman sekolah pada pagi hari Sabtu, tepatnya pukul 7:30. Ada yang bertugas memasang bendera pelangi, menata meja untuk tempat pameran, mempersiapkan peralatan untuk lomba. Setelah dekorasi dan perseiapan semua disiapkan, seperti biasa, kegiatan Pendasbudi selalu diawali dengan kegiatan warming up. Warming up pada Pendasbudi VI diisi dengan senam Gemu Famire bersama tim Bali Edukasi dan juga adik-adik siswa SD N 2 Bengkala. Setelah 30 menit aktifitas warming up usai, adik-adik beristirhat terlebih dahulu sebelum beranjak ke aktifitas lomba-lomba yang disipakan oleh tim Bali Edukasi. Adapaun lomba-lomba yang dilaksanakan yaitu: lomba makan kerupuk, balon couple, dan jalan kardus. Semua siswa sangat riang dan juga gembira mengikuti semua acara dari senam hingga perlombaan-perlombaan yang diadakan tim Bali Edukasi. Mereka saling mensupport satu sama lain sehingga rasa kekeluargaan, kebersamaan sangatlah terasa amat kental.

 Melangkah ke acara selanjutnya yaitu pelaksanaan pameran oleh para siswa. Mereka mengumpulkan hasil karya pembelajaran yang telah mereka kerjakan di pertemuan-pertemuan Pendasbudi sebelumnya. Mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, mereka mempresentasikan semua hasil karya pembeajaran mereka di depan tim Bali Edukasi, semua siswa, dan juga para guru di SD N 2 Bengkala. Setiap karya dipresentasikan oleh kelompok bersangkutan agar siswa yang lain paham akan karya yang dibuat. Adapula karya-karya yang terpajang di kegiatan exhibition sebagai berikut; kamus bergambar, celengan dari bahan bekas, mini book tentang jenis-jenis tempat suci berdasarkan agama-agama yang ada, gambar-gambar menggunakan cat air dengan goresan tangan, dan masih banyak lagi karaya-karya inovatif yang dipresentasikan oleh adik-adik SD N 2 Bengkala. Mereka sangat pintar menjelaskan apa yang mereka telah kerjakan selama ini. Semua terlihat menarik dan menyenangkan.

 Tidak hanya produk tersebut, Bali Edukasi juga menerapkan strategi pembelajaran “Project Based Learning” dengan memberikan mereka satu tugas kelompok yang mereka siapkan selama enam bulan berlangsungnya Pendasbudi dan ditampilkan pada Pendasbudi VI. Oleh karena itu, fokus kegiatan Pendasbudi VI adalah Exhibition and Performance. Pementasan drama dilakukan oleh siswa kelas 5 dan 6, drama yang berjudul “Timun Emas” dipentaskan oleh adik-adik kelas 5 dan “The Mouse and The Lion” oleh adik-adik kelas 6. Drama “Timun Emas” dimainkan dalam dalam Bahasa Indonesia, sedangkan drama “The Mouse and The Lion” menggunakan Bahasa Inggris yang diiringi dengan backsound dan sound effect yang disiapkan oleh tim Bali Edukasi untuk mendukung pementasan mereka.

Setelah penampilan drama berakhir, tim Bali Edukasi memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk adik-adik semua terkait dengan kesuluruhan kegiatan. Kegiatan ini diberi nama “quiz”. Bagi siswa yang bias menjawab pertanyaan yang diberikan, mereka diberikan sebuah reward berupa sticker Bali Edukasi dan sebuah book-mark Bali Edukasi. Kegiatan ini memiliki tujuan secara tidak langsung menyimpulkan kegiatan hari itu dan menean kembali segala sesuatu yang mereka dapat simak dan pelajari dari kegiatan Pendasbudi VI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *