Throw Back, Pendasbudi Tahap 5 di SDN 2 Bengkala

Pendidikan karakter merupakan topik di bidang pendidikan yang jika kita bahas tidak aka nada habisnya. Hal ini karena pendidikan karakter menjadi penopang penting bagi masa depan generasi sebuah bangsa. Namun, kendati demikian penerapan pendidikan karakter hendaknya tetap mengutamakan kenyamanan tanpa merenggut kebahagiaan peserta didik terutama young learners (peserta didik pra-remaja/ siswa bangku sekolah dasar).

Bali Edukasi, melalui pelaksanaan PENDASBUDI 5 yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2018, telah berusaha merealisasikan penerapan pendidikan karakter yakni penanaman karakter “Gotong Royong” dari 5 karakter dalam program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) tanpa mengurangi keceriaan dan kenyamanan dari adik – adik siswa-siswi SDN 2 Bengkala. Kegiatan PENDASBUDI 5 kali ini berbeda dengan kegiatan – kegiatan PENDASBUDI seebelumnya karena pada kegiatan PENDASBUDI 5 ini, kakak – kakak penyala peradaban mengemas karakter “Gotong Royong” kedalam bentuk permainan tradisional. Adapun permainan tradisional yang dilaksanakan adalah curik-curik dan goak – goakan. Permainan tradisional ini dilakukan pada saat pre-activity dimana sebelumnyaadik – adik siswa – siswi  SDN 2 Bengkala dikumpulkan dilapangan untuk menerima pengarahan dan pembagian kelompok. Pembagian kelompok ini dipandu oleh MC yang saat itu adalah kak Ayu Kris. Setelah dibagikan kedalam beberapa kelompok, adik – adik siswa – siswi SDN 2 Bengkala dipandu oleh instruktur (Kak Abdi, Kak Yoga dan Kak Wahyu) dalam melaksanakan permainan tradisional yang telah dirancang. Suasana pelaksanaan permainan tradisional kala itu sangat meriah dan riuh. Adik – adik siswa – siswi SDN 2 Bengkala mengikuti setiap permainan dengan penuh semangat dan rasa sportivitas yang tinggi. Hal menarik yang dapat dilihat dari pelaksanaan kegiatan permainan tradisional ini adalah semakin eratnya persahabatan dan kerja sama antar adik – adik siswa – siswi SDN 2 Bengkala dilihat dari sangat kompak dan antusiasnya adik – adik dalam mengikuti setiap permainan.

Setelah mengikuti kegiatan permainan tradisional, adik – adik siswa SDN 2 Bengkala kemudian dipandu untuk memasuki ruang kelas untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya yang dimaksud adalah kegiatan pembelajaran dalam kelas. Setiap kelas di SDN 2 Bengkala dipandu oleh kakak – kakak penyala peradaban yang berbeda dengan kegiatan yang berbeda – beda namun tetap mengutamakan penanaman karakter “Gotong Royong” dalam pelaksanaannya. Adapun kelas 1 dipandu oleh kak Mandala, kak Mangsri dan kak Yubena yang memandu kegiatan penggabungan warna (coloring). Untuk adik – adik kelas 2, kak Kris dan kak Eka mengajak adik-adik siswa – siswi kelas 2 untuk melakukan kegiatan matching pictures/ menempel gambar sesuai dengan tulisan. Selanjutnya di kelas 3, adik – adik diajak untuk berkreativitas dan bekerja sama satu sama lain untuk membuat sebuah prakarya top up yang dipandu oleh kak Fortuna dan kak Pirda. Sementara itu, kak Ogik, kak Gek An dan kak Fadel mendapatkan kesempatan untuk memandu adik – adik siswa – siswi kelas 4 untuk membuat celengan dari botol bekas. Di lain sisi, Kak Wahyu bersama dengan Kak Abdi mengajak adik – adik siswa – siswi kelas 5 untuk berlatih bermain peran (role play) serta membuat property dari cerita rakyat berjudul Timun Mas. Tak kalah menariknya dengan kegiatan tersebut, di kelas 6, adik – adik juga diajak untuk bermain peran (role play) dari sebuah cerita berbahasa inggris yang berjudul the Lion and the Mouse. Dalam pelaksanaannya, semua kegiatan yang dilaksanakan tentunya berdasarkan atas penanaman pendidikan karakter “Gotong Royong” tanpa mengurangi segi menyenangkannya. Kegiatan yang telah dilaksanakan juga menghasilkan produk berupa prakarya yang akan dipertunjukkan pada kegiatan PENDASBUDI selanjutnya.

Pada akhirnya, setelah kegiatan pembelajaran didalam kelas selesai, adik-adik dikumpulkan kembali di lapangan. Kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan yakni kegiatan review dimana pada kegiatan yang dipandu oleh MC ini, adik – adik siswa – siswi SDN 2 Bengkala mengingat, menceritakan kembali dan memberikan kesan dan pesan dari pelaksanaan kegiatan PENDASBUDI 5 yang telah dilakukan. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan berfoto bersama dan saling berpamitan. PENDASBUDI 5 kali ini menjadi PENDASBUDI yang berkesan dan menarik karena banyaknya adik – adik siswa – siswi SDN 2 Bengkala yang sangat antusias, semangat, sportif dan kompak dalam melaksanakan kegiatan permainan tradisional maupun kegiatan pembelajaran didalam kelas. Tidak dapat dipungkiri, permainan pun bisa menjadi wahana pembentuk karakter sebuah generasi. Salam Penyala Peradaban!

                                                                                                I Putu Abdi Bhuwana

45 thoughts on “Throw Back, Pendasbudi Tahap 5 di SDN 2 Bengkala

  1. Taxi moto line
    128 Rue la Boétie
    75008 Paris
    +33 6 51 612 712  

    Taxi moto paris

    Thanks to my father who shared with me concerning this webpage, this web site
    is in fact remarkable.

  2. Hello there! This is my 1st comment here so I just
    wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading through your
    articles. Can you recommend any other blogs/websites/forums that
    cover the same topics? Thank you!

  3. After looking at a few of the articles on your web site, I seriously appreciate your way of writing
    a blog. I bookmarked it to my bookmark site list and will be checking back in the near future.
    Please check out my website too and let me know your opinion.

  4. That is very attention-grabbing, You’re an excessively professional blogger.
    I have joined your rss feed and sit up for in quest of more of
    your wonderful post. Additionally, I have shared your website in my social networks

  5. I was curious if you ever thought of changing the structure of your site?
    Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you
    could a little more in the way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having one or two images.
    Maybe you could space it out better?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *